TUGAS
MENILAI DESAIN
DESAIN
KEMASAN MAKANAN “POCKY”
Disusun
untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Tinjauan Desain
Oleh
:
Nama : Rullynda Nur Prafitri
NIM : 2016021016
Prodi : DKV Semester 5
PROGRAM
STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
FAKULTAS
SOSIAL, HUMANIORA, DAN SENI
UNIVERSITAS
SAHID SURAKARTA
2018
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Makanan adalah segala sesuatu yang dapat dimakan
dan setelah dicerna serta diserap tubuh akan berguna bagi kesehatan dan
kelangsungan hidup. Namun masyarakat sekarang ini lebih memilih makanan yang
mudah dibuat dan cepat untuk disajikan, yaitu makanan berkemasan. Makanan
kemasan adalah makanan yang dibungkus dengan rapi, bersih dan mempunyai masa
kadaluarsa untuk dijual dalam jangka waktu yang bisa diperkirakan.
Biasanya kemasan tersebut dibuat semenarik mungkin, sehingga banyak orang –
orang yang tergoda untuk membelinya.
Salah satu makanan kemasan yang memiliki keunikan
tersendiri adalah Pocky. Pocky ini berasal dari perusahaan makanan jepang.
Makanan ini sudah menyebar ke seluruh dunia. Bahkan di Indonesia sendiri, di
setiap supermarket selalu ada yang menjual makanan Pocky tersebut. Berbagai
aneka rasa juga sudah sangat banyak. Desain dari makanan Pocky ini sangat bagus
dan cukup menarik. Jepang sendiri sudah
dikenal sebagai negara yang bisa mendesain unik dan nilai desainnya sangat
tinggi.
Oleh karena itu, Pocky ini dipilih untuk
dianalisis (dinilai) desainnya. Salah satu Pockynya adalah Pocky rasa choco
banana.
B. Rumusan
Masalah
1.
Apa itu makanan Pocky?
2.
Bagaimana penilaian desain dari makanan Pocky Choco Banana?
C. Tujuan
1.
Mengetahui tentang makanan Pocky?
2.
Mengetahui penilaian desain dari makanan Pocky Choco Banana?
BAB II
ISI
A. Tentang Pocky
Ezaki Glico ialah perusahaan
makanan jepang yang didirikan oleh Riichi Ezaki pada tahun 1922. Pada awal
kemunculanya perusahaan ini memproduksi permen karamel Glico, kemudian setelah
tahun 1963 perusahaan yang berkantor pusat di Osaka ini memproduksi
makanan ringan. Pretzel merupakan makanan ringan pertama berbentuk stick yang diperkenalkan oleh
perusahaan ini, produk inilah yang menjadi cikal bakal dari produk Pocky.
Tahun 1966 untuk pertama kalinya
Glico memperkenalkan Pocky Chocolate, Stick biskuit berlapis coklat dengan menyisakan sebagian
untuk pegangan. Nama Pocky Chocolate berasal dari bunyi Pokkin Pokkin (bahasa jepang sewaktu biskuit patah
digigit), Pocky Chocolate pada awalnya dijual secara terbatas di Perfektur
Hirosima dan baru dijual di seluruh jepang pada tahun 1968. Kini Pocky telah memiliki
banyak varian rasa, dan pendistribusiannya tidak hanya ada di Jepang namun
telah mendunia. Di Eropa, Pocky dikenal dengan nama Mikado, sedangkan di
Malaysia Pocky dikenal dengan nama Rocky. Pocky telah diproduksi lebih dari 100
varian rasa di seluruh dunia, Di Indonesia sendiri Pocky memiliki 6 varian
rasa, yaitu :
1.
Pocky Chocolate
2.
Pocky Strawberry
3.
Pocky Matcha
4.
Pocky Double Choco
5.
Pocky Choco Banana
6.
Pocky Vanilla & Cocoa Flavour
Kreativitas dan
inovasilah yang membuat Glico dapat dengan sukses membuat produk Pocky ini
dapat dikenal luas hingga mendunia, tak berhenti hanya sampai kualitas dan
rasa, namun bagaimana cara Glico mem-branding produk
ini pun patut dijadikan contoh.
B. Penilaian Desain
Tinjauan karya desain
tersebut memerlukan penilaian berikut ini :
1.
Nama perusahaan dari
produk
Ezaki Glico ialah
perusahaan makanan jepang yang didirikan oleh Riichi Ezaki pada tahun 1922.
2.
Judul desain produk
yang dipilih
Pocky Choco Banana. Aroma
pisang sangat terasa ketika membuka kemasan Pocky ini, biskuit stick coklat dengan lapisan
cream pisang dibagian luarnya. Rasa cream pisang
tidaklah semanis tampilannya, namun hal tersebutlah yang membuat Pocky Choco
Banana ini terasa ringan.
3.
Ukuran desain produk
Desain utamanya
(depan belakang) adalah 7,8 x 14,7 cm.
4.
Tahun pembuatan
Tahun 1966 untuk
pertama kalinya Glico memperkenalkan Pocky Chocolate, Stick biskuit berlapis coklat
dengan menyisakan sebagian untuk pegangan. Nama Pocky Chocolate berasal dari
bunyi Pokkin Pokkin (bahasa
jepang sewaktu biskuit patah digigit), Pocky Chocolate pada awalnya dijual
secara terbatas di Perfektur Hirosima dan baru dijual di seluruh jepang pada
tahun 1968. Kini Pocky telah memiliki banyak varian rasa, dan
pendistribusiannya tidak hanya ada di Jepang namun telah mendunia.
5.
Teknik dan media
desain
Tekniknya menggunakan
teknik digital, sedangkan medianya menggunakan kertas duplek untuk mencetak
desainnya.
6.
Tempat produk
tersebut disebarkan
Makanan Pocky ini
sudah menyebar di seluruh dunia, seperti di Eropa, malaysia, dan bahkan Indonesia.
7.
Objek – objek yang
terlihat pada desainnya (dari atas ke bawah)
Ø
Desain depan
·
Teks bertuliskan
“Glico” (menggambarkan nama perusahaan)
·
Gambar stick pocky
(menggambarkan produk makanannya)
·
Nama merek yaitu
Pocky (menggambarkan nama dari produk tersebut)
· Teks bertuliskan
tulisan jepang, CHOCO BANANA, dan biskuit stik coklat salut krim rasa pisang.
(bagian subheadlinenya)
· Gambar pisang dengan
krim di tengahnya (menggambarkan ilustrasi dari rasa pisang)
· Terdapat kode, dan
info pengimporan (PT. GLICO INDONESIA JAKARTA 12210, PO BOX 2020 JKS 12000
INDONESIA)
· Keterangan berat
bersih (42g)
· Keterangan dari
gambar ilustrasinya (gambar hanya menunjukkan citra rasa).
Ø
Desain belakang
·
Terdapat teks buka
(tanda untuk membukanya)
·
Teks bertuliskan
“Glico” (menggambarkan nama perusahaan)
·
Gambar stick pocky
(menggambarkan produk makanannya)
·
Nama merek yaitu
Pocky (menggambarkan nama dari produk tersebut)
· Teks bertuliskan
tulisan jepang, CHOCO BANANA, dan chocolate biskuit stick coated with banana
flavour confectionery. (bagian subheadlinenya)
· Gambar pisang dengan
krim di tengahnya (menggambarkan ilustrasi dari rasa pisang)
· Terdapat komposisi
bahan, dan alamat produksi serta perusahaan yang mengawasi pembuatan produk.
·
Keterangan dari
gambar ilustrasinya (gambar hanya menunjukkan citra rasa)
Ø
Desain samping
·
Logo Glico
·
Teks bertuliskan
“Glico” (menggambarkan nama perusahaan)
·
Nama merek yaitu
Pocky (menggambarkan nama dari produk tersebut)
·
Teks bertuliskan tulisan
jepang
·
Terdapat Barcode
·
Logo Halal
·
Kata – kata slogan
(The Snack that’s great anytime, anywhere)
·
Terdapat informasi
nilai gizi.
8.
Objek yang pertama
terlihat
Tulisan Pocky yang
sangat besar dengan gambar stick pocky dibelakangnya itu menarik perhatian
utama orang yang melihatnya.
9.
Warna desain
Warna yang digunakan
adalah warna gradasi kuning. Warna
ini terlihat menyenangkan, memberikan kesan hangat, lucu, dan ceria yang dapat
memberikan efek bahagia dan senang. Namun, warna kuning ini lebih ditujukan ke
arah rasa pisangnya. Pisang memiliki warna kuning, sehingga warna yang dimaksud
adalah untuk memberikan arti dari rasa makaan Pocky tersebut.
10.
Tipografi
Ø Teks bertuliskan “Glico”
menggunakan jenis font script (latin). Jenis ini merupakan dasar dari bentuk
huruf yang ditulis dengan tangan, kontras tebal dan tipisnya sedikit, saling
berhubungan dan mengalir. Bentuk huruf yang menyerupai tulisan tangan. Jenis
huruf ini juga sering disebut Kursif (Cursive). Memberikan kesan
keanggunan, sophistication,
dan sentuhan pribadi.
Ø Jenis huruf yang dipakai adalah sans serif di setiap teksnya
selain “Glico”. Sans Serif adalah jenis huruf yang tidak memiliki garis-garis
kecil dan bersifat solid. Jenis huruf seperti ini lebih tegas, bersifat
fungsional dan lebih modern.
11.
Kelebihan dan
kekurangan
Ø
Kelebihan :
· Warna dan gambar
ilustrasinya menyatu dengan rasa stick Pocky tersebut, sehingga mudah dipahami
kalau itu pasti rasa pisang.
·
Ukurannya yang tidak
terlalu besar, sehingga dapat dibawa dengan mudah.
·
Desain di seluruh bagian
kemasannya mencantumkan informasi yang sudah detail, sehingga memudahkan orang
– orang untuk memahami lebih tentang makanan Pocky tersebut.
Ø
Kekurangan :
· Dikarenakan sudah
memenuhi standar desain kemasan yang baik, maka hampir tidak ada kekurangannya.
Terlebih lagi, desainernya berasal dari jepang, sudah pasti kalau pembuatnya
adalah profesional.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Makanan Pocky adalah makanan
ringan pertama berbentuk stick yang diperkenalkan oleh perusahaan Ezaki Glico
oleh Riichi Ezaki pada tahun 1922. Pocky ini diperkenalkan pertama kali pada
tahun 1966. Kini Pocky telah memiliki banyak varian rasa, dan
pendistribusiannya tidak hanya ada di Jepang namun telah mendunia.
Berdasarkan penilaian dari desain
makanan Pocky Choco Banana, desainnya sudah bisa dikatakan “Desain Bagus”. Hal
ini dikarenakan sudah memenuhi standar desain pada kemasan yang diharuskan.
Dimulai dari ilustrasinya, teks, dan warnanya.
Siip bagus 👍👍👍
BalasHapusTanggal exp nya dimana ya
BalasHapusDiatas kemasannya
Hapus